Posts Subscribe to (PUT YOUR BLOG NAME HERE)Comments

Selasa, 06 April 2010

Liger

JENIS kucing (Feline family felidae) terbesar di dunia adalah Liger. Berat badan Liger bisa mencapai 500 kilogram atau dua kali berat singa jantan. Panjangnya mencapai tiga meter. Tetapi adik-adik tidak perlu khawatir bakal bertemu Liger di hutan. Walau termasuk binatang karnivora (buas), Liger hanya ada dan dikembangbiakan di kebun binatang.

Liger merupakan hasil perkawinan silang singa jantan (Panthera leo) dengan harimau betina (Panthera tigris). Liger menyerupai harimau dan memiliki belang. Sebagai jenis kucing, Liger jauh lebih besar ketimbang harimau Siberia yang merupakan kucing terbesar dari galur murni. Sama seperti harimau, Liger suka berenang. Sedangkan singa tidak suka berenang. Kalau perkawinan silang singa betina dengan harimau jantan, maka keturunannya disebut Tigon.

Menurut Wikipedia Ensiklopedi, hampir tidak pernah ada laporan tentang perkawinan silang singa dengan harimau di alam liar. Pada habitat liar, jelajah singa dengan jelajah harimau tidak pernah saling bertemu.

Catatan awal tentang Liger adalah di Asia pada abad ke-19. Lukisan yang menggambarkan dua ekor Liger dibuat Tienne Geofroy Saint-Hilaire, dan pada 1825, G.B. Whitaker menggambarkan kelahiran Liger. Tahun 1837, dua ekor Liger dipersembahkan bagi Raja William IV. Pada 14 Desember 1900 dan 31 Mei 1901, Carl Hagenback menulis dan membuat foto kelahiran Liger di kebun binatang Hagenbeck's Tierpark, Hamburg, Jerman.

Pada 1935, empat ekor Liger lahir di kebun binatang Bloemfontein, Afrika Selatan. Tiga di antaranya masih hidup hingga tahun 1953. Dari sisi usia, Liger betina bernama Shasta, hidupnya paling lama. Liger betina yang lahir Kebun Binatang Hoogle, Salt Lake City, pada 14 Mei 1948 dan mati pada 1972.

Faktor gen kemungkinan merupakan faktor yang membuat ukuran badan Liger sangat besar. Badan yang besar ini dimiliki baik Liger jantan maupun betina. Liger betina dapat mencapai berat 320 kilogram dan panjang 3 meter.

Hercules dan Sinbad

Seekor Liger jantan terbesar bernama Hercules, hidup di Jungle Island, Miami, Amerika Serikat. Beratnya mencapai dua kali berat singa jantan. Beberapa kali pada 2005, Hercules tampil di layar televisi. Hercules tercatat sebagai kucing terbesar dan masuk dalam Book of World Records. Kini, Hercules dipastikan dalam kondisi sehat dan dapat berumur panjang. Seekor Liger yang tubuhnya sama besar dengan Hercules bernama Sinbad.

Sumber: http://www.vet-klinik.com/Berita-Satwa-Liar/Liger-Kucing-Terbesar-di-Dunia.html

Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Posting Komentar

 

London

Medan, Indonesia

Washington DC

Dark Side Blogger Template Copyright 2009 - PoetBlog(TM) is proudly powered by Blogger.com Edited By Belajar SEO