Posts Subscribe to (PUT YOUR BLOG NAME HERE)Comments

Sabtu, 03 April 2010

"Balaenoptera musculus" MAMALIA YANG KEMBALI KE AIR



"Balaenoptera musculus" (Paus Biru) merupakan mamalia air. Hewan ini diketahui sebagai hewan terbesar di dunia ini. Paus biru memiliki panjang tubuh sekitar 35 meter. Paus biru hidup di samudra lepas. Akan tetapi, thukah anda ? Nenek moyang Paus merupakan hewan darat, "Andrewsarchus."

"Anderwsarchus" merupakan hewan darat yang besar. Ia biasanya hidup di rawa-rawa. "Andrewsarchus" hidup sekitar zaman Paleosen kira-kira 50 juta tahun yang lalu. Hewan ini adalah hewan karnivora. Walaupun "Andrewsarchus" merupakan hewan darat dan merupakan karnivora besar, khususnya penampilannya yang mirip dengan serigala modern. "Anderwsarchus" merupakan nenek moyang asli paus.

Dikarenakan "Andrewsarchus" hidup di rawa-rawa, para saintis percaya bahwa hewan ini semakin beradaptasi dengan lingkungannya dan menurunkan keturunan yang "semi-akuatik", "Pakicetus". Kaki belakangnya telah termodifikasi dengan baik untuk berenang. Hewan ini hidup di zaman Eosen kira-kira 40 juta tahun yang lalu.

Sekitar pertengahan hingga akhir zaman Eosen. "Pakicetus" terus berkembang dan beradaptasi untuk hidup di air hingga akhirnya ia berubah menjadi paus primitif pertama, "Basilosaurus".
Paus ini memiliki ukuran tubuh yang bisa mencapai 25 meter. "Basilosaurus" merupakan paus yang bersifat karnivora, ia hidup sekitar akhir zaman Eosen. Penampilannya yang mengerikan menjadikan ia teror di lautan primitive di zaman itu.

Sekitar pertengahan zaman Miosen, kira-kira 15 juta tahun yang lalu, "Basilosaurus" punah. Akan tetapi, paus ini telah menurunkan keturunannya yaitu "Cetotherium". Dikarenakan cara makannya yang berubah, dari karnivora pemburu menjadi pemakan plankton, ukurannya menyusut. Akan tetapi, lebar dan tingginya bertambah untuk memperbesar lambungnya. Kemudian, paus inilah yang menurunkan 2 jenis paus yang hidup di zaman sekarang. Paus Sperma Cetacea bergigi dan Paus Biru, paus terbesar sekaligus hewan terbesar yang hidup sekarang.

Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Posting Komentar

 

London

Medan, Indonesia

Washington DC

Dark Side Blogger Template Copyright 2009 - PoetBlog(TM) is proudly powered by Blogger.com Edited By Belajar SEO